Bahan Velvet Itu Jenis Kain Seperti Apa? Ini Kelebihan & Kekurangannya

Bahan Velvet/ Itu Jenis Kain Seperti Apa? Apabila di baca dari namanya, bahan yang satu ini memiliki nama yang keren. Anda pasti tidak asing dengan nama velvet, seperti nama eskrim dan kue red velvet. hehehe.

Nah ternyata bukan namanya saja yang keren karena kain ini juga memiliki karakteristik yang juga keren seperti namanya, apabila anda mengetahui sebuah slendang atau gorden itu adalah bahan velvet.

Jenis kain velvet memiliki tekstur yang kasar sedikit lembut seperti bludur. Akan tetapi sifatnya yang keras ini memang sangat cocok di buat sebagai dekorasi pada bangunan.

Anda bisa menggunakan kain velvet untuk membuat sebuah dekorasi nikahan pada bagian atap. Bahan ini juga biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat gorden. Yang jelas bahan velvet tidak cocok apabila di kenakan sebagai bahan untuk membuat pakaian, karena sifatnya yang kasar dan kaku memang sangat tidak cocok.

Apa Itu Bahan Velvet?

Saat mendengar nama velvet sebagai salah satu jenis kain, pikiran Anda langsung tertuju pada sesuatu yang unik, mewah dan manis bukan? Sebenarnya pemikiran seperti ini akan benar adanya, karena jenis kain ini sendiri memiliki tampilan yang mewah lho. Kain beludru atau kain velvet sendiri sangat indah dan lembut dalam penampilan.

Banyak orang menyebut jenis kain velvet ini sebagai kain beludru, permukaan luarnya dilapisi benang halus. Benang dari benang ini sendiri terdistribusi dengan baik di kain dalam ukuran tumpukan pendek dan padat.

Bahan velvet adalah salah satu bahan yang dapat digunakan untuk berbagai macam seperti baju, selendang, hijab dan masih banyak lagi.Kelembutan kain ini diperoleh melalui proses produksi menggunakan bahan-bahan alami Palsu Dan karena benang benangnya rapat dan padat.

Apa ciri-ciri dari bahan Velvet?

karakteristik-kain-satin
Bahan Velvet

Setelah mengetahui pengertian dan sejarah singkat jenis kain beludru ini, sebelum memproduksi, menjual atau menggunakannya, perlu dipahami terlebih dahulu ciri-cirinya. Apa sajakah sifat-sifat yang dapat ditemukan pada kain beludru ini? Yuk simak uraiannya berikut ini!

1. Permukaan menjadi mengkilap dan mewah.

Jika Anda menyukai tampilan kain, daripada menggunakan sutra, Anda bisa menggunakan kain beludru. Mengenai karakteristik visual yang terlihat, warna kain lebih populer. Mengkilap, mewah, unik adalah kata-kata yang paling tepat untuk menggambarkan jenis kain ini.

Trending 👉😍  Apa Itu Dynamic Island yang Diusung oleh Lini iPhone 14 Pro?

2. Memiliki tekstur yang unik, bulu yang lembut.

Ciri utama kain beludru atau velvet ini adalah teksturnya yang lembut dan berbulu. Bulu ini sendiri terlihat dari benang tipis pendek yang bertebaran di kain. Benang pendek ini sangat lembut dan nyaman untuk disentuh.

3. Kaku dan tidak nyaman digunakan

Meski terlihat tebal dan berbulu, kainnya sendiri sebenarnya tidak terlalu kuat lho. Jadi kalau di ganti baju tetap jatuh dan tidak berhenti di badan. Apalagi sangat nyaman digunakan, karena bahannya lembut saat menempel di kulit!

4. Ini adalah kain berkualitas baik dan tahan lama.

Keistimewaan lain dari kain beludru ini adalah bahannya yang berkualitas baik dan tahan lama. Kain beludru ini lebih nyaman jika dibandingkan dengan jenis katun atau satin yang banyak tersedia di pasaran. Kelas tinggi. Proses produksi yang relatif lama menjadikannya berkualitas baik dan tahan lama setelah masa pakai yang lama.

Jenis-Jenis Bahan velvet

Ada beberapa jenis kain velvet yang perlu anda ketahui:

1. Cisele

velvet Cisele

Pada setiap jenis dari bahan Velvet selalu memiliki metode pembuatan yang sedikit berbeda antara satu sama lainnya. Kain yang satu ini menggunakan teknik yang dinamakan cut dan uncut loops.

Dengan menerapkan teknik ini, maka akan dapat membuat tumpukan dengan pola yang khas dari jenis Cisele.

2. Velvet sifon

Velvet sifon

Serat velvet yang satu ini memiliki tampilan yang transparan mirip dengan kain sifon. Kain ini juga bersifat sangat ringan dan biasanya ditambahkan dengan berbagai macam aksen, seperti bunga.

3. Embossed

velvet Embossed

Jenis kain Velvet yang satu ini memiliki tekstur yang di rubah dengan menggunakan teknik khusus bernama emboss. Pada saat membuatnya memiliki tekstur dengan motif tertentu, sehingga digunakanlah besi panas yang biasa digunakan sebagai cetakan untuk membuat unsur timbul pada permukaannya.

4. Bahan Velvet sutra

Bahan Velvet sutra

Jika menginginkan kualitas nomor satu, Anda bisa memilih silk velvet, yang merupakan jenis kain pertama yang dibuat dari seri velvet. Meskipun kain ini memiliki ketebalan yang baik dan gambar yang sangat mewah, namun memiliki tekstur yang sangat lembut. Kain ini adalah yang paling mahal dari jenisnya dan cocok untuk acara-acara formal.

5. Bahan Crinkle Velvet

Bahan Crinkle Velvet..

Jenis kain beludru pertama yang biasanya tersedia adalah beludru kerut, yang cocok untuk membuat blus. Bahan ini memiliki pola yang unik dan ditandai sebagai aksen. Meski memiliki aksen khusus, karakternya tidak kalah dan tetap bisa kamu dapatkan!

Trending 👉😍  Universal Truck Simulator APK Mod 1.6 Download For Android

Baca Juga :

Kelebihan Bahan Velvet

Apa keuntungan memilih kain bludru atau beludru ini sebagai bahan untuk memproduksi pakaian, menjahit atau modal usaha. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan saat menggunakan kain beludru ini!

manfaat-kain-satin

1. Mudah dipadukan dengan bahan tambahan

Meski termasuk salah satu kain yang mewah, namun jenis velvet ini sangat serbaguna dalam kombinasinya. Misalnya, Anda ingin menambahkan furring, poliester, katun, rayon, atau kain lain yang dapat disesuaikan. Jadi jangan khawatir jika desainnya padat dan monoton.

2. Tahan lama dan tahan lama

Kecenderungan bahan yang bagus membuat kain jenis velvet ini memiliki masa pakai yang lama. Bahan sangat nyaman, kualitas tinggi, lembut, tidak luntur dan mudah melar saat digunakan. Jadi Anda menghemat waktu untuk membeli baju lain karena awet digunakan!

3. Tersedia berbagai tipe dari standar hingga premium

Keunggulan lain dari jenis kain ini sangat berbeda. Mulai dari kelas standar hingga kelas premium. Hal ini memudahkan pengguna untuk memilih harga dan kebutuhan yang tepat.

4. Tampilan lebih mewah

Keunggulan pertama dari kain beludru ini adalah tampilannya yang sangat mewah. Jenis visual ini sudah menjadi rahasia umum dan merupakan ciri khas dari jenis velvet ini. Jadi bagi yang suka gambar cantik, kamu bisa menggunakan tipe ini!

Kekurangan Bahan Velvet

jenis kain bahan velvet kelebihan dan kekurangan

elain kelebihan-kelebihan di atas yang bisa didapatkan saat memilih jenis kain bludru atau beludru ini, juga mengimbangi kekurangannya. Kerugian apa yang dapat ditemukan ketika memilih jenis kain ini?

1. Relatif mahal

Kelemahan lain dari kain ini adalah harganya yang relatif mahal. Ini karena kelas premium dan bahan berkualitas sangat baik. Jadi bagi yang mencari kain dengan harga murah mungkin tidak akan puas dengan harga kain jenis ini.

2. Perawatannya sangat sulit

Cacat yang paling terlihat dan sering ditemui dalam penggunaan kain ini adalah masalah perawatan yang kompleks. Karena tidak semua jenis velvet atau beludru bisa langsung dicuci di mesin cuci atau setrika. Ada beberapa jenis yang memerlukan perawatan tambahan dengan bantuan pembersih kering atau, misalnya, setrika uap.

3. Tidak semua penjahit akrab dengan kain ini

Trending 👉😍  Cara Masuk Mode Recovery di HP Xiaomi Jika Ada Masalah Sistem

Kendala lainnya adalah tidak semua penjahit mengenal kain ini. Alih-alih kain mahal, mewah, dan sangat halus, tidak semua pemukim bisa menjahitnya. Saat mendesain pakaian yang terbuat dari beludru, kombinasi bahan dan elemen pola yang sesuai harus dipertimbangkan.

Cara Merawat Bahan Velvet Supaya Tetap Awet

Tentunya di dalam merawat sebuah bahan velvet harus rutin untuk di rawat. Hal terseut tidak lain untuk menjaga tekstur bahan velvet tetap awet dan bisa di gunakan dalam waktu yang lebih lama

Cara Merawat Bahan Velvet :: Soklin

1. Cuci dengan air dingin

Tahukah anda bahwa kain velvet tidak boleh di cuci dengan menggunakan air hangat atau air panas karena dapat merusak tekstur dari kain velvet. Yang tadinya kaku bisa mennjadi lemes apabila di cuci dengan menggunakan air panas. Untuk itu usahalan untuk menggunakan air dingin untuk mencuci bahan velvet

2. Tidak boleh disetrika

Selain tidak du anjurkan untuk di cuci dengan air dingin, bahan yang terbuat dari velvet juga tidak boleh di setrika. Cukup di angin anginkan saja dan tidak perlu takut untuk kusut. anda bisa menggunakan setrika jenis uap.

3. Tidak boleh disimpan dengan cara dilipat

Setelah di cuci, dan di uapi, anda jangan melipat sebuah produk yang di buat dengan menggunakan bahan velvet karena bisa merusak bahan tersebut.

Apakah bahan velvet itu panas?

Tidak panas, hal ini di karenakan bahan velvet terbuat dari bahan sutra/nylon/rayon. Pada dasarnya bahan ini tidaklah panas

Apakah satin velvet menyerap keringat?

Iya, bahan satin velvet sangat muda menyerap keringat dan sangat cocok sekali jika di buat menjadi jilbab ataupun pakaian.

Apakah satin velvet adem?

Tergantung jika anda membeli bahannya dari sutra

Ternyata banyak juga beberapa point atau beberapa hal yang tidak boleh untuk di terapkan pada kain velvet seperti bahan kain pada umumnya. Mengingat tekstur dari velvet kaku dan berbeda dengan bahan pada umumnya.

Untuk itu kita harus bisa membedakan cara perawatannya dengan jenis bahannya. Supaya kain velvet lebih awet dan tahan dalam waktu yang lama.Setelah anda mengetahui beberapa tips di atas dan juga karakteristik dari kain velvet. Maka anda bsia melakukan perawatan jenis kain velvet yang akan anda beli.Perlu di ingat, pada ssat memilih kain velvet anda harus benar-benar faham karakteristik dari bahan velvet supaya mengurangi risiko tertipu oleh pedagang nakal.